PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA
PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
Knowledge
management merupakan mengakses, mengevaluasi, memanage, mengorganisir,
memfilter dan mendistribusikan informasi dengan tujuan bahwa hal tersebut
berguna bagi end user, knowledge management melibatkan perpaduan antara
informasi internal dan external dan merubahnya menjadi knowledge dengan
menggunakan perangkat IT (DiMattia, Susan and Order, Norman, 1997). Knowledge
management ini dapat diimplementasikan di perusahaan atau organisasi apa saja.
Adanya knowledge manajemen karena :
1 a. Dapat memudahkan perusahaan atau
organisasi mengetahui kebutuhan market
2 b. Dapat mengevaluasi kinerja perusahaan
dan karyawan
3 c. Dapat bersaing dengan perusahaan lainnya
d. Menciptakan suatu pengetahuan yang baru
atau inovasi baru untuk perusahaan.
Knowledge management ini juga dapat
diimplementasikan pada pusat informasi atau perpustakaan. Kita pasti sudah
tidak asing lagi dengan perpustakaan, kita mengenal perpustakaan sejak kita
pendidikan Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi karena perpustakaan sudah lama
berkembang di Indonesia. Perpustakaan merupakan salah satu organisasi sumber
belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka baik
buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu maupun masyarakat umum, Menurut
Wafford (Darmono, 2004: 2). Jika kita berada di perpustakaan pasti ada
informasi yang kita butuhkan, karena perpustakaan merupakan tempat informasi
atau pengetahuan yang disediakan untuk semua orang dan semua kalangan. Tetapi di Indonesia hanya sedikit
perpustakaan yang berkembang dan dikelola dengan baik, sehingga sedikit
dikunjungi oleh masyarakat luas. Perpustakaan sekolah contohnya, banyak
perpustakaan sekolah yang gedung perpustakaannya diletakkan atau ditempatkan
dibelakang gedung dan tidak di depan gedung. Koleksi perpustakaan juga begitu
banyak koleksi yang isinya buku pelajaran saja, hal ini menyebabkan sedikitnya
siswa yang ingin berkunjung diperpustakaan, karena mereka sendiri
sudahmempunyai buku pelajaran yang mereka beli setiap tahunnya. Pada
perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia pengelolaannya sudah baik dan mereka
juga sudah memberi inovasi baru disetiap perpustakaan yang mereka kelola. Baik
dan buruknya pengelolaan perpustakaan, sehingga mempengaruhi tingkat intensitas
pengunjung diperpustakaan, pasti dipengaruhinya penerapan knowledge management
pada perpustakaan tersebut dijalannkan dengan baik apa tidak. Adanya knowledge
management di perpustakaan, menumbuhkan inovasi baru untuk meningkatkan
fasilitas di perpustakaan terutama diperguruan tinggi. Sampai saat ini
perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam pencarian sebuah informasi oleh
mahasiswa. Dahulu seseorang mendapatkan atau mencari informasi yang mereka
butuhkan melalui perpustakaan, tapi sekarang seseorang menginginkan informasi
hanya dengan mengakses internet, mereka pun langsung cepat menemukan informasi
yang mereka inginkan. Dengan adanya masalah ini perpustakaan dan pustakawan
dituntut untuk dapat mengembangkan perkembangan yang telah terjadi dimasyarakat
luas, dengan cara memberi informasi yang akurat dan cepat sesuai yang
diharapkan masyarakat. Tetapi perpustakaan juga mempunyai kendala untuk dapat menciptakan sistem sesuai
dengan perkembangan teknologi, seperti :
a.
Terbatasnya biaya
b.
Terbatasnya sumberdaya profesional
c.
Fasilitas yang kurang mendukung
Kendala
diatas harus dapat dipecahkan oleh seorang pustakawan dan pihak institusi yang
bersangkutan. Karena perpustakaan merupakan media penyalur informasi kepada
mahasiswa dan juga dapat dijadikan pemicu bagi perkembangan kegiatan yang
dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen. Seperti pengertian knowledge management
yang tedapat unsur teknologi yang mempengaruhi suatu sistem diperpustakaan,
jadi penggunaan teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan dan
informasi sangat diperlukan. Dan perpustakaan harusnya mengerti dan mengikuti
perkembangan yang telah terjdi dikalangan masyarakat serta mahasiswa. Untuk
mengetahui apa yang haru dilakukan oleh pustakawan untuk dapat menerapkan
konsep knowledge management, pustakawan harus melakukan evaluasi terhadap
sistem yang telah digunakan saat ini, agar dapat mengetahui kelemahan sistem
yang digunakan. Pustakawan juga harus melakukan indentifikasi kebutuhan
mahasiswa terhadap perpustakaan. Lalu pustakawan menerapkan knowledge
management untuk memperbaiki sistem tersebut.
Untuk
mengaplikasikan knowledge management terhadap sistem perpustakaan, memiliki
berbagai faktor menurut Finerty, 1997 :
1.
Creation
Creation
merupakan bagaimana membentuk pengetahuan, perpustakaan bukan merupakan tempat
untuk membentuk pengetahuan. Tetapi perpustakaan merupakan tempat untuk
mendukung proses terbentuknya pengetahuan melalui penelitian mahasiswa atau
dosen.
2.
Utilization
Untilization
merupakan bagaimana tingkat pemakaian perpustakaan perguruan tinggi. Jika
tingkat pemakaian perpustakaan tinggi, maka sistem yang digunakan oleh
perpustakaan sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa. Jika tingkat pemakaiannya
rendah, perpustakaan wajib memperbaiki sistem yang digunakan.
3.
Stroring
Storing
merupakan merupakan salah satu proses mentransfer pengetahuan, sehingga
pengguna perpustakaan dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuannya.
Perpustakaan juga harus menciptakan suasana yang nyaman didalam perpustakaan,
untuk mempengaruhi proses storing pengetahuan terhadap pengguna perpustakaan.
4.
Acquisition
Acquisition
merupakan bagaimana cara perpustakaan dapat dengan mudah mentransfer
pengetahuan pada pengguna, agar pengguna dapat menambah bidang ilmu lainnya.
Karena itu dalam perpustakaan perguruan tinggi, koleksi yang disediakan tidak
hanya sebatas ilmu yang diajarkan oleh perguruan tinggi tersebut. Harus diberi
koleksi yang lainnya agar pengetahuan pengunjung semakin bertambah pula.
5.
Distribution/Sharing
Proses
ini mengharapkan perpustakaan dapat mendistribusikan pengetahuan atau informas
yang terdapat diperpustakaan untuk dapat memberikan informasi pada pemikiran
pengguna.
6.
Structure
Stuktur
merupakan bagaimana stuktur yang digunakan perpustakaan untuk mentransfer
pengetahuan kepada pengguna. Perpustakaan harus mampu mendesain sistem yang
digunakan sebagai penyalur pengetahuan kepada pengguna.
7.
Technology
Teknologi
merupkan alat yang digunakan untuk mengembangkan sistem pada perpustakaan.
Adanya perkembangan teknologi ini dapat memudahkan perpustakaan untuk
mentransfer pengetahuan kepada pengguna, seperti contoh dengan adanya jaringan
internet perpustakaan dapat membuat sistem pencarian atau koleksi berbentuk
digital yangnantinya dapat diakses oleh pengguna atau mahasiswa.
8.
Measurement
Measurement
mengarah pada pengukuran keberhasilan perpustakaan degan menggunakan parameter
yang jelas. Untuk dapat mengukur suatu keberhasilan yang sudah dicapai
perpustakaan dalam mentransfer pengetahuan kepada pengguna.
9.
Organizational Design
Stuktur
organisasi pada perpustakaan harus dibuat dengan sangat efektif untuk membagi
atau mengatur pekerjaan disetiap proses yang ada dalam perpustakaan, agar tidak
terjadi adanya bagian yang kurang perlu. Perpustakaan harus memiliki pegawai
yang memiliki kemampuan yang bagus dan dapat memberikan inovasi baru.
10.
Culture
Dalam
hal ini perpustakaan harus mampu memberikan atau meningkatkan budaya membaca
pada mahasiswa, karena di Indonesia sangat kecil presentasenya dalam hal budaya
membaca.
Dengan
mengimplementasikan konsep diatas, suatu perpustakaan perguruan tinggi dapat
menjalankan dan menjadikan perpustakaan yang memudahkan mahasiswa untuk
mengaksesnya. Dapat memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa, agar
pengetahuan mahasiswa dapat berkembang dengan baik. Dapat dengan cepat
memberikan informasi kepada pengguna. Dapat membangun citra yang postif
terhadap adanya perpustakaan. Sebagai sumber informasi yang terpercaya.
Sumber
Muttaqien, Arip. Membangun Perpustakaan Berbasis Konsep
Knowledge Management : Transformasi Menuju Research College dan Perguruan
Tinggi Berkualitas Internasional. Jurnal yang diakses pada http://152.118.24.150/files/Arip_Muttaqien.pdf
Yuliana, Lia. Konsep
Dasar Perpustakaan. Jurnal yang diakses pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/MATERI%20PERPUSTAKAAN_0.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar