Jumat, 08 November 2013

Knowledge Management

PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Knowledge management merupakan mengakses, mengevaluasi, memanage, mengorganisir, memfilter dan mendistribusikan informasi dengan tujuan bahwa hal tersebut berguna bagi end user, knowledge management melibatkan perpaduan antara informasi internal dan external dan merubahnya menjadi knowledge dengan menggunakan perangkat IT (DiMattia, Susan and Order, Norman, 1997). Knowledge management ini dapat diimplementasikan di perusahaan atau organisasi apa saja. Adanya knowledge manajemen karena :
1     a.  Dapat memudahkan perusahaan atau organisasi mengetahui kebutuhan market
2     b. Dapat mengevaluasi kinerja perusahaan dan karyawan
3     c. Dapat bersaing dengan perusahaan lainnya
       d. Menciptakan suatu pengetahuan yang baru atau inovasi baru untuk perusahaan.

 Knowledge management ini juga dapat diimplementasikan pada pusat informasi atau perpustakaan. Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan perpustakaan, kita mengenal perpustakaan sejak kita pendidikan Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi karena perpustakaan sudah lama berkembang di Indonesia. Perpustakaan merupakan salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka baik buku maupun non buku kepada masyarakat tertentu maupun masyarakat umum, Menurut Wafford (Darmono, 2004: 2). Jika kita berada di perpustakaan pasti ada informasi yang kita butuhkan, karena perpustakaan merupakan tempat informasi atau pengetahuan yang disediakan untuk semua orang dan semua kalangan.  Tetapi di Indonesia hanya sedikit perpustakaan yang berkembang dan dikelola dengan baik, sehingga sedikit dikunjungi oleh masyarakat luas. Perpustakaan sekolah contohnya, banyak perpustakaan sekolah yang gedung perpustakaannya diletakkan atau ditempatkan dibelakang gedung dan tidak di depan gedung. Koleksi perpustakaan juga begitu banyak koleksi yang isinya buku pelajaran saja, hal ini menyebabkan sedikitnya siswa yang ingin berkunjung diperpustakaan, karena mereka sendiri sudahmempunyai buku pelajaran yang mereka beli setiap tahunnya. Pada perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia pengelolaannya sudah baik dan mereka juga sudah memberi inovasi baru disetiap perpustakaan yang mereka kelola. Baik dan buruknya pengelolaan perpustakaan, sehingga mempengaruhi tingkat intensitas pengunjung diperpustakaan, pasti dipengaruhinya penerapan knowledge management pada perpustakaan tersebut dijalannkan dengan baik apa tidak. Adanya knowledge management di perpustakaan, menumbuhkan inovasi baru untuk meningkatkan fasilitas di perpustakaan terutama diperguruan tinggi. Sampai saat ini perkembangan teknologi sangat berpengaruh dalam pencarian sebuah informasi oleh mahasiswa. Dahulu seseorang mendapatkan atau mencari informasi yang mereka butuhkan melalui perpustakaan, tapi sekarang seseorang menginginkan informasi hanya dengan mengakses internet, mereka pun langsung cepat menemukan informasi yang mereka inginkan. Dengan adanya masalah ini perpustakaan dan pustakawan dituntut untuk dapat mengembangkan perkembangan yang telah terjadi dimasyarakat luas, dengan cara memberi informasi yang akurat dan cepat sesuai yang diharapkan masyarakat. Tetapi perpustakaan juga mempunyai  kendala untuk dapat menciptakan sistem sesuai dengan perkembangan teknologi, seperti :
a. Terbatasnya biaya
b. Terbatasnya sumberdaya profesional
c. Fasilitas yang kurang mendukung

Kendala diatas harus dapat dipecahkan oleh seorang pustakawan dan pihak institusi yang bersangkutan. Karena perpustakaan merupakan media penyalur informasi kepada mahasiswa dan juga dapat dijadikan pemicu bagi perkembangan kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa maupun dosen. Seperti pengertian knowledge management yang tedapat unsur teknologi yang mempengaruhi suatu sistem diperpustakaan, jadi penggunaan teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi sangat diperlukan. Dan perpustakaan harusnya mengerti dan mengikuti perkembangan yang telah terjdi dikalangan masyarakat serta mahasiswa. Untuk mengetahui apa yang haru dilakukan oleh pustakawan untuk dapat menerapkan konsep knowledge management, pustakawan harus melakukan evaluasi terhadap sistem yang telah digunakan saat ini, agar dapat mengetahui kelemahan sistem yang digunakan. Pustakawan juga harus melakukan indentifikasi kebutuhan mahasiswa terhadap perpustakaan. Lalu pustakawan menerapkan knowledge management untuk memperbaiki sistem tersebut.

Untuk mengaplikasikan knowledge management terhadap sistem perpustakaan, memiliki berbagai faktor menurut Finerty, 1997 :
1. Creation
Creation merupakan bagaimana membentuk pengetahuan, perpustakaan bukan merupakan tempat untuk membentuk pengetahuan. Tetapi perpustakaan merupakan tempat untuk mendukung proses terbentuknya pengetahuan melalui penelitian mahasiswa atau dosen.
2. Utilization
Untilization merupakan bagaimana tingkat pemakaian perpustakaan perguruan tinggi. Jika tingkat pemakaian perpustakaan tinggi, maka sistem yang digunakan oleh perpustakaan sudah memenuhi kebutuhan mahasiswa. Jika tingkat pemakaiannya rendah, perpustakaan wajib memperbaiki sistem yang digunakan.
3. Stroring
Storing merupakan merupakan salah satu proses mentransfer pengetahuan, sehingga pengguna perpustakaan dapat meningkatkan dan mengembangkan pengetahuannya. Perpustakaan juga harus menciptakan suasana yang nyaman didalam perpustakaan, untuk mempengaruhi proses storing pengetahuan terhadap pengguna perpustakaan.
4. Acquisition
Acquisition merupakan bagaimana cara perpustakaan dapat dengan mudah mentransfer pengetahuan pada pengguna, agar pengguna dapat menambah bidang ilmu lainnya. Karena itu dalam perpustakaan perguruan tinggi, koleksi yang disediakan tidak hanya sebatas ilmu yang diajarkan oleh perguruan tinggi tersebut. Harus diberi koleksi yang lainnya agar pengetahuan pengunjung semakin bertambah pula.
5. Distribution/Sharing
Proses ini mengharapkan perpustakaan dapat mendistribusikan pengetahuan atau informas yang terdapat diperpustakaan untuk dapat memberikan informasi pada pemikiran pengguna.
6. Structure
Stuktur merupakan bagaimana stuktur yang digunakan perpustakaan untuk mentransfer pengetahuan kepada pengguna. Perpustakaan harus mampu mendesain sistem yang digunakan sebagai penyalur pengetahuan kepada pengguna.
7. Technology
Teknologi merupkan alat yang digunakan untuk mengembangkan sistem pada perpustakaan. Adanya perkembangan teknologi ini dapat memudahkan perpustakaan untuk mentransfer pengetahuan kepada pengguna, seperti contoh dengan adanya jaringan internet perpustakaan dapat membuat sistem pencarian atau koleksi berbentuk digital yangnantinya dapat diakses oleh pengguna atau mahasiswa.
8. Measurement
Measurement mengarah pada pengukuran keberhasilan perpustakaan degan menggunakan parameter yang jelas. Untuk dapat mengukur suatu keberhasilan yang sudah dicapai perpustakaan dalam mentransfer pengetahuan kepada pengguna.
9. Organizational Design
Stuktur organisasi pada perpustakaan harus dibuat dengan sangat efektif untuk membagi atau mengatur pekerjaan disetiap proses yang ada dalam perpustakaan, agar tidak terjadi adanya bagian yang kurang perlu. Perpustakaan harus memiliki pegawai yang memiliki kemampuan yang bagus dan dapat memberikan inovasi baru.
10. Culture
Dalam hal ini perpustakaan harus mampu memberikan atau meningkatkan budaya membaca pada mahasiswa, karena di Indonesia sangat kecil presentasenya dalam hal budaya membaca. 

Dengan mengimplementasikan konsep diatas, suatu perpustakaan perguruan tinggi dapat menjalankan dan menjadikan perpustakaan yang memudahkan mahasiswa untuk mengaksesnya. Dapat memberikan pengetahuan baru kepada mahasiswa, agar pengetahuan mahasiswa dapat berkembang dengan baik. Dapat dengan cepat memberikan informasi kepada pengguna. Dapat membangun citra yang postif terhadap adanya perpustakaan. Sebagai sumber informasi yang terpercaya.


Sumber
Muttaqien, Arip. Membangun Perpustakaan Berbasis Konsep Knowledge Management : Transformasi Menuju Research College dan Perguruan Tinggi Berkualitas Internasional. Jurnal yang diakses pada http://152.118.24.150/files/Arip_Muttaqien.pdf
Yuliana, Lia. Konsep Dasar Perpustakaan. Jurnal yang diakses pada http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/MATERI%20PERPUSTAKAAN_0.pdf



Tidak ada komentar:

Posting Komentar